BLOG

Things you don't want to miss

Cara Merawat AC Agar Tahan Hingga 10 Tahun

 02 May 2019

Keberadaan AC di dalam rumah memang menjadi salah satu penentu kenyamanan bagi penghuninya.

Tak heran jika dalam satu rumah setidaknya ada satu AC yang dimiliki untuk kamar tidur. Peran AC yang mampu memberikan kesejukan di dalam ruangan tentunya sangat penting bagi masyarakat. Khususnya bagi negara yang mendapatkan matahari sepanjang tahun seperti di Indonesia.

Karena harus menghadapi udara yang panas selama satu tahun, secara otomatis AC juga harus digunakan setiap harinya. Penggunaan AC yang cukup sering tentunya juga akan berdampak pada menurunnya tingkat keawetan AC itu sendiri. Oleh karenanya, perawatan AC juga harus mendapat perhatian yang lebih. Tanpa perawatan yang rutin dan memadai, bukan tak mungkin usia AC di rumah hanya mencapai 2 hingga 4 tahun saja. Namun demikian, dengan perawatan yang baik, bukan tak mungkin AC Anda dapat digunakan hingga 10 tahun.

Bagaimana cara melakukannya? Mari simak langkahnya di bawah ini.

Selalu Nyalakan Timer

Dengan menggunakan fitur ini, AC akan mati pada jam yang Anda telah tentukan. Usahakan untuk mematikan AC setidaknya 5 jam setelah satu kali pemakaian. Dengan mematikan AC sementara, Anda memungkinkan mesin AC untuk dingin kembali. Selain itu, fitur timer juga menjaga mesin AC agar tidak cepat rusak.

Hal lain yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kinerja mesin AC adalah dengan tidak terlalu sering mengatur suhunya di bawah 22 derajat celcius. Sebab, semakin dingin suhu yang anda atur di remote, semakin besar pula mesin AC akan bekerja untuk mencapai suhu tersebut. Padahal suhu di bawah 22 derajat sangat sulit dicapai di Indonesia.

Bersihkan Filter AC

Jangan lupa untuk membersihkan filter AC secara rutin minimal 1-2 bulan sekali. Apabila Anda mendapati filter sudah terlampau kotor, Anda dapat mengganti filter baru.

Akumulasi debu pada filter akan menghalangi aliran udara yang dapat menyebabkan fungsi AC terganggu, akibatnya AC akan cepat rusak. Karena itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan filter AC secara rutin.

Bersihkan Kumparan AC

Tahukah Anda jika selain filter, kumparan AC juga perlu diperhatikan kebersihannya? Ya, hal ini karena debu juga kerap menumpuk pada bagian kumparan AC.

Terkumpulnya debu pada kumparan dapat mengurangi kemampuannya untuk menyerap panas. Bahayanya, ini dapat menyebabkan AC kelebihan beban dan menimbulkan konslet listrik. Oleh sebab itu, usahakan untuk memeriksa kumparan secara rutin setiap tahun dan bersihkan dengan teratur pula.

Periksa Thermostat

Salah satu cara yang perlu Anda lakukan untuk memastikan AC bekerja dengan baik dan menjaga temperatur ruang tetap stabil adalah dengan memeriksa thermostat atau pengatur suhu ruangan. Atur thermostat dengan temperatur yang lebih tinggi ketika rumah sedang tidak banyak orang atau kegiatan. Selain itu, jika benar-benar tak ada orang di rumah, sebaiknya matikan AC.

Cek Kipas

Periksa kipas yang terpasang di atas unit kondensator bagian luar. Pastikan kipas masih berada dalam kondisi yang bagus. Ganti pisau kipas jika terdapat retak atau pecahan.

Servis Secara Berkala

Jangan lupa untuk selalu melakukan servis secara berkala. Anda bisa menggunakan jasa layanan perbaikan AC untuk memeriksa kelayakan. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga mesin tetap bekerja dengan baik, sekaligus memastikan tidak ada kerusakan yang tidak tertanggulangi. Dengan rutin melakukan servis, artinya Anda sudah turut mencegah kerusakan besar pada AC Anda.