BLOG

Things you don't want to miss

Pentingnya mencuci AC 3 bulan sekali

 03 March 2019

Sebagai masyarakat yang hidup di daerah tropis, penggunaan air conditioning atau AC merupakan hal yang cukup penting. Hal ini disebabkan karena udara yang cukup panas dan matahari yang bersinar sepanjang tahun, membuat udara di dalam ruangan menjadi kurang sejuk. Kehadiran pendingin ruangan tentu dapat menjadi solusi dari permasalahan ini.

Jika Anda juga termasuk salah satu dari pengguna AC di rumah, maka Anda sebaiknya juga perlu tahu tentang perawatan dasar pendingin udara. Salah satu yang paling penting adalah menjaga kebersihan AC, dengan melakukan pembersihan setidaknya tiga bulan sekali.

Lantas, mengapa Anda perlu membersihkan AC secara rutin setidaknya 3 bulan sekali? Berikut ini ulasan yang dapat Anda simak:

  • Memastikan udara tetap bersih

Anda tentu tahu betapa pentingnya udara bersih bagi kesehatan. Sebaliknya jika menghirup udara tercemar justru dapat mengganggu kesehatan Anda, terutama bila dibiarkan terlalu lama. AC memiliki fungsi untuk membantu menyaring partikel dan debu di udara sehingga, Anda menghirup udara yang bersih dan segar di dalam ruangan. Nah jika AC tidak dirawat dan dibersihkan secara teratur, maka kotoran dan debu yang menempel pada pipa evaporator membuat AC tidak lagi mampu bekerja dalam menyaring debu secara efektif. Hasilnya, Anda menghirup udara yang tidak dapat dipastikan kebersihannya.

  • Melindungi AC dari kebocoran

Tahukah Anda bahwa kotoran yang terakumulasi pada pipa evaporator, dapat berubah menjadi lumut dan jatuh menutupi saluran pembuangan AC? Hal ini dapat menyebabkan saluran pembuangan menjadi tertutup, dan merupakan salah satu alasan utama kebocoran pada AC. Untuk itu, pastikan Anda membersihkan AC sehingga terlindung dari kebocoran yang menyebabkan kerusakan pada AC.

  • Menjaga AC selalu dingin

Kotoran dan debu yang dibiarkan menumpuk pada filter menyebabkan filter atau penyaring udara tidak lagi dapat berfungsi dengan baik. Nah, saat filter tidak dapat menampung lagi kotoran, maka kotoran akan jatuh dan menempel pada pipa evaporator. Jika pipa evaporator AC ini kotor, uap dingin tidak akan bisa disebarkan secara maksimal oleh kipas atau fan. Akhirnya, Inilah yang kerap jadi alasan mengapa AC Anda tidak lagi dingin.

  • Hemat tagihan listrik

Kinerja AC sangat berpengaruh pada konsumsi listrik yang digunakan. Jika AC dibiarkan terlalu lama dalam keadaan kotor, maka mesin yang ada di dalamnya pun harus bekerja lebih berat lagi untuk menghasilkan udara yang dingin. Otomatis AC juga akan menggunakan listrik yang lebih banyak lagi. Dengan melakukan perawatan dan service secara rutin, Anda juga mengurangi energi yang diperlukan dalam penggunaan AC, sehingga otomatis mengurangi tagihan listrik Anda tiap bulannya.

  • Membuat AC jadi lebih awet dan tahan lama

Ketika Anda melakukan perawatan pada AC dengan rajin dan teratur, maka setiap kali ada kendala pada AC dapat ditangani lebih awal. Artinya Anda juga mengurangi kemungkinan AC menjadi rusak di kemudian hari. Karena itu sangat penting untuk melakukan pengecekan rutin dan pembersihan setiap 3 bulan sekali.

Apakah anda termasuk orang yang selalu membersihkan pendingin udara secara rutin? Jika tidak, mungkin ini saat yang tepat untuk mulai memperhatikan kebersihan dan sirkulasi udara di pendingin ruangan Anda agar dapat dipakai dalam waktu yang lama.