BLOG

Things you don't want to miss

Kesalahan Umum dalam Menggunakan AC Di Rumah

 05 June 2018

Jika dilihat penggunaannya, AC merupakan salah satu produk elektronik yang diharapkan dapat digunakan dalam beberapa tahun kedepan. Untuk itu, setelah menemukan produk yang diinginkan, Anda juga perlu mengetahui cara merawat AC yang dimiliki. Sebab tak bisa dipungkiri, daya tahan suatu produk juga dipengaruhi oleh cara seseorang menggunakannya.

Sayangnya, dalam menggunakan perangkat AC kita sebagai masyarakat kurang paham dan rentan melakukan kesalahan. Hasilnya, AC menjadi cepat rusak dan tidak tahan lama. Padahal bisa saja Anda sudah membeli produk dengan kualitas tinggi. Jadi apa sajakah kesalahan tersebut? Mari simak ulasannya di bawah ini.

Menggunakan PK yang Terlalu Kecil

PK atau daya adalah hal yang harus Anda perhatikan karena sangat mempengaruhi AC menjadi tahan lama atau tidak. Sebagai gambaran, Jika Anda memiliki ruangan 6 x 4 m2, maka yang dibutuhkan adalah AC sebesar ¾ PK.

Seiring dengan besarnya PK, harganya juga makin tinggi. Tak heran jika beberapa konsumen memilih produk dengan kapasitas PK dan harga yang lebih rendah. Padahal ini justru akan mengancam kinerja dan daya tahan AC itu sendiri.

Jika Anda memilih memakai AC dengan daya 1/2 PK, kompressor AC harus bekerja maksimum agar ruangan bisa menjadi dingin. Beban berat ini dapat merusak komponen yang ada di dalam AC. Sehingga, perangkat di dalam AC tidak akan tahan lama.

Tidak Memperdulikan Suhu Ruangan

Selain berfungsi sebagai pendingin ruangan. AC juga dapat berperan sebagai pengatur suhu ruangan. Sehingga, Anda harus pintar melakukan setting suhu agar AC tahan lama.

Hal yang salah juga terjadi jika Anda men-setting AC pada suhu 16 derajat dengan harapan ruangan cepat dingin. Komponen-komponennya dipaksa bekerja keras setiap saat, dan malah menjadi lebih cepat rusak

Agar AC tahan lama, lebih baik Anda men-setting AC pada suhu 25 derajat. Dengan suhu nyaman ini, AC akan bekerja secara perlahan, menjaga semua komponen berbagi perannya masing-masing.

Daya Listrik yang Naik Turun

Hal yang paling menyebalkan jika rumah Anda masih diatur oleh listrik eksternal adalah penurunan daya listrik. Kondisi di mana listrik mati dan kemudian menyala kembali akan membuat AC tidak tahan lama.

Jika kondisi ini terjadi, jangan langsung menyalakan AC. Biarkan oli kompressor dan gas freon kembali ke kompressor dulu dan beristirahat selama minimal 1 menit. Hal ini dilakukan agar umur kompressor anda akan lebih panjang membuat AC tahan lama untuk digunakan.

Malas Membersihkan AC

Jika ingin AC tahan lama, Anda tidak bisa menyepelekan perawatannya. Jika melakukan hal ini, siap-siap saja kinerja AC akan turun drastis. Debu yang melayang di udara jangan Anda sepelekan. Karena, debu yang menempel di filter AC dapat menyebabkan kerusakan, sehingga AC yang miliki tidak dapat tahan lama.

Sebagai gambaran, Semakin banyak debu yang menempel pada AC, maka akan mengakibatkan kerja AC yang semakin sulit dan anda harus melakukan cuci AC lebih sering lagi. Jadi, jika ingin AC tahan lama, rajin bersihkan debu.

Untuk menjaga AC tahan lama, perawatan berkala yang bisa Anda lakukan bermacam-macam. Mulai dari mencuci AC dengan air isi ulang, bukan air tanah atau pun air PAM.Frekuensi membersihkan AC bergantung kepada tingkat polusi / debu di ruangan. Minimal mencuci AC sebanyak 2-3 kali dalam setahun sehingga pembentukan karat akibat udara laut dapat diminimalisasi.